Blog menurut orang Indonesia

Baiklah kita mulai definisi blog dari beberapa tokoh dunia blog Indonesia yang cukup dikenal oleh berbagai kalangan :

Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian seseorang Blogger. Topik-topik apa yang dia sukai dan tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang dia pilih, apa tanggapannya pada suatu isu. Seluruhnya biasanya tergambar jelas dari Blog-nya. Karena itu Blog bersifat sangat personal.

Dikutip dari blog Enda Nasution, Bapak Blogger Indonesia dalam tulisan berjudul Apa Itu Blog ?.

Definisi Blog yang cukup spesifik dikemukakan oleh Priyadi dalam tulisannya yang berjudul Definisi Blog:

Definisi blog menurut saya adalah:
– Berisi tulisan yang disusun secara kronologis
– Mengandalkan perangkat lunak CMS
– Memiliki fasilitas komentar
– Memiliki format sindikasi, misalnya RSS atau Atom
– Tulisannya dibuat dari sudut pandang pribadi penulisnya

Definisi blog menurut Budi Rahardjo yang dikutip dari Direktif dalam Tantangan Sang Petualang

Blog adalah catatan berkala yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang dapat diakses melalui web dan dapat dikelola dengan menggunakan (basis) web.

Definisi blog menurut Labibah Zain, Pendiri Blogger Family dalam tulisan berjudul Potret Pergaulan Era Global yang dimuat di Harian Kompas tanggal 2 Mei 2005:

WEB dan log (weblog) adalah media di mana pemiliknya menuliskan catatan pengalaman pribadi, opini berupa tulisan maupun gambar yang bisa terus diperbarui dan diakses melalui internet. Pemilik weblog-disebut weblogger-bebas mencurahkan pemikiran baik berupa tulisan maupun gambar di situ, melengkapi dengan desain yang diingini dan melengkapinya dengan fasilitas yang memungkinkan terjadinya interaksi antara pemilik dan pengunjung weblog-nya.

Dalam wikipedia Indonesia diketemukan definisi blog adalah :
http://id.wikipedia.org/wiki/Weblog

Sebuah Weblog, Web log atau singkatnya Blog, adalah sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan posting secara terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Definisi Blog dalam forum Blogfam.
Definisi blog dalam topik Blog dalam 25 Kata yang diposting di Forum Blogger Family, antara lain :

Blog adalah tempat mencurahkan kata hati dan tempat menceritakan kegiatan kehidupan kita, serta wadah untuk berkenalan dengan teman baru.
http://yovitaatmadjaja.blogspot.com/

Blog adalah proses belajar, belajar hidup, belajar berbagi, dan belajar berbuat
http://wasugi.blogspot.com/

Blog adalah tempat segala hal bisa didapat dan saking banyaknya susah disebutkan satu persatu apalagi dengan batasan dua puluh lima kata tanpa tawar-menawar, yay!
http://airyh.blogspot.com/

Blog adalah tempat menceritakan keseharian yang nantinya menjadi sebuah kenang-kenangan yang indah, juga tempat berinteraksi dengan kawan-kawan maya.
http://sherly.co.nr/

Blog adalah tempat saya bisa dapetin teman ngobrol, diskusi dan bercanda di dunia maya tanpa harus ngucapin Hi, ASL plz terlebih dulu
http://tigasatuempat.com/

Blog adalah tempat untuk tuangan pikiran, mimpi-mimpi, dan emosi sang penulis blognya.
http://rara-scratchblog.blogspot.com/

Blog adalah rumah kedua saya.
http://momm-on-the-net.blogspot.com/

Blog adalah tempat berekspresi.
http://toekangtidur.blogspot.com/

Blog adalah tempat belajar, belajar bercerita, belajar menulis, belajar segala hal, belajar menjalin komunikasi dg orang lain, dan belajar utk tetap bersilahturahmi .
http://nice-green.blogspot.com/

Blog adalah tempat mengeluarkan unek-unek, mencari referensi apa aja, berbagi informasi, berexperimen dengan design dan kode-kode.
http://www.15june.com/

Blog adalah buku harian saya dan catatan perjalanan hidup!
http://elly.co.nr/

Blog adalah tempat untuk bercerita, tanpa suara tapi sarat makna.
http://farizfaza.blogspot.com/

Blog adalah kumpulan huruf-huruf b, l , o , dan g yang membentuk menjadi suatu kesatuan yan indah.
http://wag.folieadeux.org/

Blog adalah sesuatu yang bikin saya betah lama-lama berduaan sama si kompie.
http://qpunk.blogspot.com/

Blog adalah sarana saya untuk menuangkan apa yang ada dalam pikiran kedalam bentuk tulisan.
http://www.modestmind.com/

Blog adalah rumah kedua dan tempat paling nyaman untuk mengekspresikan karya dan rasa.
http://tepu-thewur.blogspot.com/

Blog adalah saya.
http://cien2sworld.blogspot.com/

Blog adalah kontekstualisasi dimensi antara paradigma, psikosis, dan narasi immaterial dengan gravitasi realita yang memadat, mengkristal menjadi metakonstruksi maya dalam nurturan identitas eksponensial sang pemiliknya.
http://www.petervalentino.org/

Blog adalah “harta gw yg baru”
http://www.buih-ombak.com/

Blog adalah diary online yg asik buat sharing tentang apa saja dengan siapa saja.
http://www.greatday.blogdrive.com/

Blog adalah tempat aku mencurahkan inspirasi, uneg-uneg, kesukaan, kecintaan, romantika, syair kehidupan, transformasi air mata menjadi kata, halaman kosong saat hiatus, atau sekedar menyapa: halo! apa kabar?
http://clodi.tk/

Blog adalah tempat untuk mencurahkan isi hati, saat kita gak tau lagi harus curhat kepada siapa.
http://eyamilky.blogspot.com/

Blog adalah saksi bisu kehidupanku.
http://lovewoodrealm.net/alter

Blog itu tempat seorang Yaya mencurahkan isi hati yang lagi senang atau sedih dalam bentuk puisi, cerita ataupun diary.
http://yayajanuary.blogspot.com/

Blog adalah Tempat Curahan Hati Dan IdeKu.
http://lembarancinta.com/

Blog adalah tempat sharing sgala macem, termasuk yg macem2, *loh*
http://ketek90.blogsome.com/

Definisi Blog Menurut Ibu – Ibu.
Maknyak juga pernah menanyakan definisi blog pada ibu-ibu yang sudah/pernah berumah tangga. Inilah definisi blog menurut para ibu-ibu tersebut yang saya ambilkan dari topikpertanyaan seputar blog: Buat ibu-ibu only.

Blog adalah tempat buang unek2 walopun gak semua unek2 terbuang tapi paling tidak ada pelampiasannya.
http://alicehellwig.blogspot.com/

Blog bagi saya sama halnya dengan buku harian. Bedanya hanya sarana dan pembacanya buanyaaakkk.Blog tempat saya menuliskan kejadian masa lampau dan masa kini. Pokoknya gimana mood deh.
http://mapleaf.blogspot.com/

Jurnal online.
http://www.sepotongroti.de/

Blog itu adalah tempat nulis-nulis apa yg dirasakannya atau memperlihatkan hasil karya pribadi. belakangan ini saya malah setuju dg istilah blog = diary online. biarpun bukan pribadi asli yg ada di sana, toh apa yg ditulis/diperlihatkan/digambarkan adalah kejadian-kejadian dalam hari-hari pribadi tersebut.
http://www.sketsahati.com/

Blog adalah kumpulan cerita/tulisan yang dipostingkan secara regular oleh si empunya blog didunia maya yang dapat diakses oleh internet.
http://stradivari.blogspot.com/

Blog menurut saya.. adalah sebuah sarana dimana kita bisa menuangkan segala keinginann hati kita.. sarana pemuas hasrat jiwa begitu bahasa ngelanturnya dan juga sarana tuk memperluas pergaulan dan wawasan.
http://www.dayuilvania.com/

Jurnal on line yang dapat diakses tanpa batas geografi yang ada.
http://www.familiedyka.blogsome.com/

Blog menurut aku : seperti buku jurnal/harian tp online,tempat mencatat apa yg kita mau, ntah itu ttg kehidupanku sehari hari atau apa yg ada dipikiranku.
http://so-aja.blogspot.com/

Blog adalah tempat menulis di internet yang bisa dibaca oleh orang lain.
http://momm-on-the-net.blogspot.com/

Spt yg lain, online diary/journal
http://www.ikaray.com/journal

* Online diary
http://findinghani.blogspot.com/

Diary online atau jurnal online…yah semacam itulah.
http://lizamolly.blogspot.com/

Diary kali yak..
http://teteh.blogsome.com/

Online diary, tempat membagi pengalaman dan mencurahkan uneg-uneg.
http://rwidiani.blogspot.com/

Blog = diary, tempat berekspresi, tempat menyalurkan bakat menulis/bakat bercerita, tempat menyampaikan ide/pendapat/opini.
http://www.alamsyah.net/lamaman

Blog itu sebenernya tempat untuk mencatat “perjalanan” seseorang di dunia maya; kalau dunia non-cyber mungkin bisa disamakan dgn logbook. Jadi isinya url-url apa yang kita kunjungi, mungkin dilengkapi data ttg tanggal dan waktu, dan isi si url tersebut.
http://jauhdarirumah.blogspot.com/

Buat saya, sebagai seorang yang gak suka nulis journal / diary, Blog adalah tempat penyaluran hasrat :
– hasrat bergaul
– hasrat nyoba – nyoba dan belajar html
– hasrat pamer ( hasil resep masakan baru yang dicoba, etc )
– hasrat menulis kalo lagi mood
http://www.bungaputih.blogspot.com/

Semacam jurnal/ gak jurnal banget online.
http://www.nasutionfam.blogspot.com/

Catatan kehidupan yang bisa dibaca lagi suatu waktu nanti. Kayak diary gitu deh.. Juga tempat kita share dan berbagi pengalaman.
http://nanmay.blogspot.com/

Blog itu tempat kita menumpahkan segala macam uneg-uneg. Kalo untuk saya sendiri blog itu saya gunakan untuk menuliskan aktifitas sehari-hari.
http://kisah-kami.blogspot.com/

Seperti artinya BLOG=WeBLOG, catatan-catatan yang ditulis di web.
http://anaklauts.blogspot.com/

Karena selama blogwalking kebetulan blog yg dikunjungi umumnya berisi semacam diary, yaa.. akhirnya jatuh pada kesimpulan bahwa mnrt elsa, blog itu catatan ringkas ttg lintasan-lintasan kejadian yg (pernah) kita alami.
http://www.coretanharian.blogspot.com/

Blog adalah jurnal yang diupdate secara rutin, baik utk menunjang kegiatan marketing (sarana promosi berupa update-an terbaru ttg produk yang dijual penulis blog), kegiatan berdakwah, kegiatan komunikasi dengan keluarga dan teman (sehingga tidak perlu mengulang menulis dan mengirim email dengan cerita yang sama ke mereka), kegiatan melatih diri utk terbiasa menganalisis peristiwa/masalah, kegiatan melatih ingatan/memory dan kegiatan provokatif (whatever that means..he he he..japri deh kalo gak jelas, sapa tau nanti bisa saya jelaskan dengan lebih rumit dan bikin tambah bingung).
http://durin.pitas.com/

Semacam catatan harian yang bisa dan memang ditujukan untuk dibaca publik tanpa batasan ruang dan waktu, kadang juga tanpa batasan usia dan profesi.
Apa yang ditulis dalam catatan harian ini bisa bervariasi, mulai dari URL yg menarik (seperti tujuan awal weblog pada awal kemunculannya), kumpulan karya (tulisan, digital art, lukisan, fotografi,…), opini, atau rekaman kegiatan sehari2.
http://jalankenangan.net/

Hmmm apa ya mak ?? Kayaknya sich jurnal tentang apa yg udah dialamin tiap harinya..(klise ya??..hehehehehehehehe..biarin dech)
· Report buat suami yg lagi jauh..jadi dia tau opie lg ngapain aja..lumayan obat kangen..
http://fishi2.blogspot.com/

Dulu renha nganggep blog itu diary online (waktu.. masih single dulu), tapi skrg mah.. kayaknya semacam kumpulan tulisan apa aja yg pengen di tulis yg mpunya blog..
http://renha.blogdrive.com/

* Tempat menyalurkan segala hasrat yang ada di hati dan di kepala.
http://www.keluarga-yurdi.blogspot.com/

Blog menurut saya sama aja seperti buku diary, cuma kalo ini ditulisnya bukan dibuku tapi di sebuah online journal.
http://www.dekap.com/

Menurut saya, blog adalah suatu wadah tempat kita menuliskan apa2 yang kita rasakan dalam keseharian kita. Jadi blog adalah tempat kita menuangkan pendapat kita (ciee…) atau perasaan kita terhadap peristiwa yang terjadi di sekeliling kita.
http://keluargazulkarnain.blogspot.com/

Tempat mencurahkan apa yg ada didlm kepala dan perasaan. Walopun sebenarnya saya tdk punya bakat utk menulis tp saya teh nekad.
http://syafa.blogdrive.com/

Definisi blog menurut aktivis perempuan, Sofia Kartika yang bekerja di Yayasan Jurnal Perempuan dan juga adalah pemilik http://www.girlthink.blogthing.com dalam artikel di Harian Kompas yang berjudul “Blog”, Bukan Sekadar Pergaulan.

blog adalah ruang alternatif sebagai media untuk menyalurkan kebutuhan menuliskan pengalaman yang dirasakan teman-teman yang bergulat di penguatan hak perempuan.

Definisi Blog sebagai media Jurnalisme.

Blog adalah self publishing journalism, saya mencoba bertolak pikir dari terminologi ini. Self publishing journalism saya artikan secara sederhana sebagai jurnalisme yang dipublikasikan secara mandiri, independen.
Dikutip dari blog Dhika dalam Muslimblog Dan Sebuah Pikiran Sederhana.

Blog adalah sebuah bagian dari jurnalisme namun dalam kualitas sebagi jurnalisme tradisional.
http://www.kusaeni.com/blog/blog-vs-jurnalisme

Definisi Blog menurut Lembaga Kursus/Pelatihan BabaStudio, yaitu :

Blog adalah situs web pribadi yang sekarang sedang trend digunakan oleh berbagai kalangan, baik itu masyarakat awam ataupun profesional untuk membagikan pengalaman, wawasan, pendapat, portfolio ataupun pandangannya tentang apa saja kepada masyarakat. Web Blog juga sebagai ungkapan jati diri atau keberadaan Anda dalam dunia maya.

Definisi blog lainnya dari hasil googling, antara lain :

Blog adalah jargon yang berasal dari weblog, sebuah halaman web yang berisi catatan atau log. Catatan ini bersifat bebas dan independen tergantung seorang blogger mengisi blognya untuk tujuan tertentu, baik bersifat personal atau pun profesional.
Dikutip blog Yulian Firdaus dalam Blog Sebuah Kemajuan Literasi di Indonesia.

Blog adalah sebuah industri, sebuah media baru, sebuah teknologi. Bahkan juga blog merupakan sarana komunikasi dan diskusi dengan lebih terbuka.
Dikutip dari Warna Dunia dalam Selamat Hari Valentine !

Blog adalah sebuah sarana dimana penulis – penulisnya (dalam hal ini perusahaan) dapat memuat tulisan mereka tentang segala sesuatu yang memiliki arti untuk mereka.
Dikutip dari blogosphere-juice-up!

blog adalah sebuah bentuk penghindaran terhadap dominasi media.
Dikutip dari Dewi Satriyani dalam Vote BLogger For Documentary Film.

blog adalah cerminan dari pendapat pribadi penulis blog tersebut, yang jelas bergantung dari kiblat politiknya (kalau ada), kepercayaan, pengalaman sebelumnya, dsb. Sehingga kadang tertuang secara tidak obyektif, bias, dan tendensius.
http://harry.sufehmi.com/archives/2005-05-11-909/

blog adalah teman, sahabat, cermin, motivator, inspirator dan pelepas lelahku saat waktu kerja.
Dikutip dari blog Teman Baik.

Blog sebagai alat dituliskan dalam sebuah tulisan dengan judul Membangun Brand dengan Memanfaatkan Blog.

Blog pada hakikatnya adalah alat yang memudahkan seseorang menuliskan apa yang dipikirkannya melalui suatu jurnal bertanggal.

Hahaha… definisi blog sebagai sebuah kendaraan, saya temukan juga di http://haryspoenya.blogspot.com/

blog adalah sebuah taxi yang setia mengantarku ke berbagai macam jalan kehidupan.

Saya pun akhirnya ikutan membuat definisi blog yang berbau psikologis melalui tulisan saya pada bulan Mei 2005 yang lalu:

blog adalah suatu media web online yang digunakan untuk mengungkapkan dan mengekspresikan pikiran, emosi dan perilaku seseorang atau kelompok sebagai jawaban atas kebutuhan interaksi sosial dan aktualisasi diri untuk menunjukkan eksistensinya sebagai manusia dari waktu ke waktu.

Demikianlah definisi blog yang menjadi arsip saya saat ini, meski saya sudah melakukan upaya pengumpulan data yangagak ilmiah, namun sepertinya masih banyak definisi blog menurut orang Indonesia yang terlewatkan. Mangga jika ada yang ingin mengoreksi, atau menambahkan definisi yang telah terkumpul diatas.

Sepertinya ada yang kelupaan deh… Definisi ini cukup terkenal dan terbukti 68% blogger Indonesia pernah mengutip definisi blog tersebut. Berikut adalah definisi blog dari seseorang tokoh telematika yang memutuskan untuk tidak punya blog, yaitu KRMT Roy Suryo :

Blog itu satu tren saja. Jadi, seperti agenda yang bisa ditulisi macam-macam. Saya melihat blog sendiri kebanyakan masih berupa katarsis atau tempat curahan emosi.

Dikutip dari Media Indonesia dengan judul berita ‘Blog’, Sarana Informasi Alternatif

Tags: 

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • EBOOK GRATIS
  • Visit www.batamdigitalisland.com - Bersama menjadikan Batam Digital Island.